Dislutkan Fokuskan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pulau Kecil

Tanggal : 4 Februari 2008
Sumber : Dislutkan Fokuskan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pulau Kecil

Sumbawa Besar, Nusatenggaranews.com.-
Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Sumbawa Tahun Anggaran 2008 ini akan memfokuskan program pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau kecil di daerah ini.

Ir. Dirmawan, Kadislutkan Sumbawa menjelaskan bahwa sejumlah program strategis akan dilaksanakan tahun ini guna menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Dari 15 program yang ada adalah program prioritas diantaranya pegembangan perikanan budidaya, perikanan tangkap, pengembangan ekonomi masyarakat pesisir serta pengembangan sarana dan prasarana.
Program pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau kecil misalnya, kata Dirmawan, pihaknya akan melaksanakan pengembangan prasarana dan infrastruktur di sejumlah pulau kecil di daerah ini, seperti penataan jalan lingkungan dan menyediakan sarana kelistrikan yakni PLTS, termasuk membangun tempat tambatan perahu bagi nelayan, selain pengembangan ekonomi produktif untuk masyarakat pulau kecil. "Program tersebut diharapkan agar masyarakat di daerah terpencil dapat mengejar ketertinggalannya dengan daerah lain," tukas Dirmawan.

Bukan hanya itu, lanjutnya, pihaknya juga memfokuskan program pengembangan budidaya rakyat, baik laut maupun di darat, seperti pengembangan budidaya rumput laut di sejumlah wilayah pesisir, perikanan air tawar dan air payau. Untuk perikanan tangkap, kata Dirmawan, pihaknya akan mengembangkan sarana dan prasarana tangkap, seperti jaring dan armada tangkap.

"Selain dukungan terhadap pengembangan infrastruktur tempat pendaratan ikan di Labuhan Jambu dan Prajak," sebutnya.

Terkait hal itu, kata dia, perlu dilakukan pengkajian dan penerapan teknologi perikanan, sosialisasi Perda budidaya perikanan serta pembinaan dan penguatan kelembagaan bagi nelayan. Untuk semua kegiatan tersebut dialokasikan dari dana alokasi khusus dan APBD sekitar Rp. 4 Milyar lebih. "Begitu juga dengan program fisik lainnya sudah direncanakan dan akan action sekitar Juni mendatang," tandasnya. (sumeks)

0 komentar: