Warga Kepulauan Aru Dapat Listrik Tenaga Surya


Sumber :http://www.media-indonesia.com/berita.asp?id=160456


AMBON--MI: Pihak Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PTD) siap membantu lagi pengembangan Pembangunan Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kabupaten Kepulauan Aru yang sebagian besar masyarakatnya belum menikmati listrik dari pelayanan PT.(Persero) PLN setempat.


Tahun anggaran 2007 Kementerian PDT Memberikan bantuan 486 unit PLTS bagi 10 Desa di Kepulauan Aru. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat(BPM) Kepulauan Aru, Arens


Uniplaitta, kepada ANTARA dari Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru, Sabtu (23/2), mengemukakan, telah menerima surat dari Kementerian PDT bahwa tiga Kecamatan yakni Aru Tengah, Aru Utara dan Aru Selatan kebagian masing-masing mesin listrik berkapasitas 5.000 KW.


Begitu pun, Desa Miror dan Papakula, Kecamatan Aru Utara sebanyak 110 unit PLTS serta Desa Kajabi, Kecamatan Aru Tengah sebanyak 75 unit.


Arens mengakui, kepedulian Kementerian PDT mengenai listrik di Kepulauan Aru yang dimekarkan dari Maluku Tenggara, Januari 2004 disambut baik karena wilayahnya berupa Pulau-Pulau sehingga sulit dijangkau pelayanan PT (Persero) PLN yang mengandalkan PLTD.


"Kami sudah melakukan peta Desa soal pelayanan PLTD ternyata hanya sekitar 15 persen bisa dijangkau, sedangkan sisanya membutuhkan terobosan pengembangan PLTS, angin, air/ombak," tambahnya.


Pengembangan listrik, kata Arens, dibutuhkan masyarakat Kepulauan Aru untuk mendukung pengembangan sektor lainnya sehingga bisa mempercepat penuntasan kemiskinan di sini.


"Bayangkan, saat ini Kepulauan Aru memiliki sedikitnya 11.527 Keluarga Miskin (Gakin) dengan 57.735 jiwa dari penduduknya yang hanya 76.625 jiwa," ujarnya.


Ditanya tentang bantuan pemerintah pusat pada tahun 2008 untuk pemberdayaan Gakin, menurut Arens, sebesar Rp12 miliar ditambah anggaran pendamping dari Pemkab setempat Rp3 miliar lebih.


Dana Rp15 miliar lebih ini dibagikan kepada Kecamatan Aru Utara, Aru Tengah dan Aru Selatan masing-masing Rp3 miliar, sedangkan empat Kecamatan baru masing-masing Rp1,75 miliar.


Anggaran yang ditransfer langsung ke rekening masyarakat itu dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur dan memenuhi kebutuhan dasar hidup masyarakat Desa.


"Terus terang tingkat kemiskinan masyarakat Kepulauan Aru yang dimekarkan dari Maluku tenggara, 7 Janauari 2004 masih tinggi sehingga saat ini dibuat peta angka kemiskinan sehingga program penanggulangannya tepat sasaran maupun tepat kebutuhan," demikian Arens Uniplaitta. (Ant/OL-2)

1 komentar:

tallyjackowski

5 Maret 2022 pukul 16.36

titanium necklace mens - TITACON®
TUTICA-TIN. Manufacturer: microtouch titanium trim walmart TITACON®. No.: dental implants No.:. Description: In a titanium piercing jewelry glass-topped titanium water bottle dome of gold, it can titanium tv apk be seen that it is